5 Tips Memilih Vendor Catering Pernikahan

Dari sekian banyaknya persiapan pernikahan, catering adalah salah satu poin yang harus diperhatikan. Catering dapat menjadi salah satu indokator suatu acara pernikahan berhasil atau tidak, jangan karena masalah hidangan acara Anda menimbulkan kesan negatif terhadap tamu undangan. Nah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menentukan vendor catering wedding untuk acara Anda nantinya, di bawah ini kami bagikan tips dalam memilih jasa catering pernikahan yang tepat:

1. Cek Kredibilitas Catering

Poin penting dalam memilih catering wedding adalah dengan melihat kredibilitasnya, misalnya dengan cara melihan portfolio dari catering tersebut. Mintalah contoh-contoh acara wedding yang pernah di handelnya dengan melihat dokumentasi berupa foto maupun videonya.

Lihat juga ulasanannya, ulasan disini bisa dari internet misalnya google review, akun official atau yang lainnya. Check situs jasa catering tersebut. Kita dapat menilai jasa catering dapat dipercaya atau tidak.

Carilah informasi tentang vendor catering sebanyak-banyaknya. Syukur-syukur jika calon vendor tersebut pernah dipakai oleh-orang-orang yang kita kenal. Mintalah pendapat dan saran dari orang-orang terdekat Anda.

2. Lihat Menu Catering

Masing-masing jasa catering umumnya  memiliki satu atau beberapa menu andalan. Cobalah tayakan mengenai spesifikasi dari menu tersebut. Lihat juga daftar lainnya beserta harga catering yang ditawarkan, dengan demikian Anda dapat memperkiraan anggran budget yang dibutuhkan untuk acara pernikahan nantinya.

Baca Juga : Perkiraan Harga Wedding Catering di Surabaya

3. Bertemu Langsung dengan Vendor Catering

Berikutnya dalam memilih jasa catering adalah dengan membuat janji dengan pemilik vendor catering. Kunjungi kantor vendor tersebut dan berdiskusilah mengenai semua hal tentang catering. Tanyakan semua hal yang ada dibenak Anda seperti perkiraan total biaya catering, sistem atau konsepnya seperti apa, apakah prasmanan dan lain sebagainya.

4. Lakukan Test Food

Walau sebagian besar jasa catering mengatakan “menu lezat dan bergiri” namun Anda juga perlu mencobanya langsung agar mengetahui apakah apa yang dijanjikan sesuai dengan kenyataannya. Walau makanan itu soal rasa, tapi setidaknya Anda tahu bagaimana kualitas dari masakan atau menu catering yang ditawarkan. Penting bagi Anda untuk melakukan test food sebelum menentukan pilihan vendor atau jasa catering untuk acara sepesial Anda. 

5. Bersedia Untuk Teken Kotrak

Anda bisa saja menggunakan suatu vendor atau jasa catering dengan hanya mengandalkan sistem kepercayaan. Namun kontrak kerja sama dalam bentuk MOU juga sangat penting untuk menghindari kerugian satu sama lain. Cara ini juga dapat menjadi senjata agar vendor yang Anda pilih dapat bekerja profesional sesuai dengan apa yang telah dijanjikan.

Menghitung Porsi Catering Pernikahan

Dari sekian banyaknya total pengeluaran yang diperlukanan dalam suatu acara pernikahan, budget catering merupakan salah satu yang tersulit untuk diestimasi. Biaya catering pernikahan memiliki perhitungan yang dapat dilihat dari perkiraan jumlah tamu yang akan hadir nantinya.

Dari seluruh undangan yang telah disebarkan, Anda bisa menambahkan satu angka dalam memulai perhitungan jumlah porsi catering. Contohnya jika total 100 orang, maka tinggal dikali dua sehingga menjadi 200 porsi makanan. Hal ini mengacu pada 1 undangan biasanya untuk 2 orang, jadi kurang lebih jika dirata- rata maka akan cukup sebagai estimasi penentuan total porsi yang tepat.

Nah demikian yang dapat kami bagikan mengenai Tips Memilih Vendor Catering Pernikahan. Bagi Anda yang berencana untuk melangsungkan acara pernikahan dalam waktu beberapa bulan ke depan, kami doakan semoga acaranya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Salam

Catering Surabaya

AISYA CATERING SURABAYA : Jl. Kebonsari 3 No.28, Kebonsari, Jambangan, Kota Surabaya Jawa Timur 60233.
KONTAK : (031) 8281065, 08123 577 0707