7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Tempat Makan di Surabaya –¬†Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, tentu kamu bisa menemukan berbagai tempat makan di Surabaya. Dengan makanan khas dari kota-kota yang ada di Jawa Timur, wisata kuliner Surabaya dijamin dapat membuat lidahmu bergoyang. Belum lagi makanan dari luar provinsi se-Indonesia dan internasional.

Daftar Tempat Makan di Surabaya

Menemukan tempat makan yang benar-benar enak bisa jadi tantangan jika kamu tidak akrab dengan Surabaya. Buat kamu yang bingung mulai dari mana, bisa mencoba daftar tempat makan di Surabaya berikut ini.

1. Mie Pecun

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Jawa Timur terkenal dengan kuliner pedasnya, Surabaya juga tidak terlepas dari pilihan kuliner pedas. Salah satunya yakni menu mie. Kamu yang suka mie dan pedas, Mie Pecun bisa jadi pilihanmu. Nama pecun sendiri merupakan singkatan dari pedas bebas racun karena menu Mie Pecun sendiri dibuat dari mie instan yang kemudian dibumbui dengan cabe. Yang spesial dengan Mie Pecun yakni kamu bisa memilih topping tambahan dengan bebas.

Selain itu, kamu juga memilih level pedas yang sesuai dengan lidahmu. Meskipun sama-sama doyan pedas, tingkat toleransi lidah orang terhadap pedas tentu beda-beda bukan? Kamu bisa memilih pedas super dengan memilih Klimaks, pedas yang biasa dengan Galau, pedas sedang tengah-tengan dengan Semeriwing, dan pedas yang sama sekali tidak pedas dengan Pecun Culun.

Kedai Mie Pecun berlokasi di Jl. Kedungsari No. 135 A. Jam bukanya juga panjang, lho. Mulai dari jam 10 pagi sampai jam 2 pagi! Tempat makan di Surabaya yang cocok buat kamu yang mau kulineran tanpa batasan waktu.

2. Zangrandi Ice Cream

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Selain kulinernya yang beragam, Surabaya juga terkenal dengan cuacanya yang panas kentang-kentang. Sehingga bisa dibilang makan ice cream di Surabaya pas untuk kapan saja. Apalagi saat siang hari disaat panas matahari sedang terik-teriknya.

Yakni kedai es krim Zangrandi yang paling dikenal di Surabaya. Kedai satu ini sudah ada sejak jaman kolonial. Bahkan hingga kini interior bangunannya juga masih mempertahankan khas Eropa. Menu es krim yang disediakan juga masih jadul, mempertahankan resep es krim jaman dulu. Tapi tentunya ada sedikit modifikasi sajian yang menyesuaikan es krim masa kini.

Zangrandi Ice Cream berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng. Jam operasionalnya standar, cukup panjang untuk kedai es krim yakni mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Khusus untuk hari Sabtu, Zangrandi tutup lebih larut lagi yaitu jam 11 malam. Kamu yang gemar es krim harus memasukkan Zangrandi sebagai tempat makan di Surabaya yang wajib dikunjungi. Kapan lagi cicip resep es krim jadul melegenda!

3. Nasi Goreng Jancuk

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Lagi-lagi makanan pedas. Tapi ini sangat khas Surabaya dan tidak bisa kamu temukan di kota lain. Yaitu Nasi Goreng Jancuk. Saking terkenalnya, ada beberapa restoran dan kedai yang juga meniru untuk menyediakan menu dengan nama yang sama.

Meskipun banyak yang menjual, yang asli hanya ada di Restoran Hotel Surabaya Plaza. Lokasinya ada di Jl. Pemuda 33-37, Surabaya.

Sama dengan Mie Pecun, Nasi Goreng Jancuk punya nilai jual di cita rasanya yang super pedas. Tapi Nasi Goreng Jancuk juga punya keunikan tersendiri. Adalah terletak pada penyajiannya. Nasi Goreng Jancuk hanya dijual dalam porsi besar yang bisa dinikmati oleh 4 hingga 5 orang sekaligus!

Sehingga satu porsinya akan disajikan menggunakan wajan. Dalam nasi gorengnya kamu bisa menemukan campuran lauk berupa irisan ayam, telur, potongan udang, hingga daging kepiting! Tidak ketinggalan juga irisan acar dan kerupuk udang sebagai pelengkap. Menemani rasanya yang pedas, hidangan Nasi Goreng Jancuk lengkap dengan es teh yang disajikan menggunakan teko.

4. Pakuwon Food Festival

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Ingin berkunjung ke tempat makan di Surabaya yang sekaligus punya semua kuliner? Pakuwon Food Festival jawabannya. Bisa dibilang Pakuwon Food Festival adalah food court raksasa, karena lokasinya tidak menyatu dengan mall. Namun, merupakan area tersendiri yang memang digunakan untuk berbagai macam booth makanan.

Berbagai macam makanan bisa kamu temukan disini. Seatingnya ada yang indoor maupun outdoor. Menikmati santapan bisa sesuka hati memilih suasananya.

Lokasi Pakuwon Food Festival terdapat di dalam superblock Pakuwon City. Yakni Jl. Kejawan Putih Mutiara No. 17. Jam operasionalnya pendek. Mulai dari pukul 5 sore hingga 11 malam.

5. Sego Sambel MAK YEYE

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Nasi dengan sambel memang apa enaknya? Jangan salah, dari jaman kapan sampai sekarang, sego sambel tetap jadi idola. Pasti kamu juga tak jarang menemukan menu serupa di hidangan dari catering Surabaya kan? Di Surabaya apalagi. Terutama sego sambelnya tempat makan di Surabaya satu ini. Sego Sambel Mak Yeye. Sudah ada sejak tahun 1982, Sego Sambel Mak Yeye tidak pernah sepi pembeli.

Perpaduan nasi punel dengan lauk penyetan seperti ikan pe, tahu, tempe, telur dadar, dan tentu sambel yang pedasnya nendang terbukti jadi favorit semuanya. Sayangnya, jam operasional Sego Sambel Mak Yeye tidak seperti warung makan kebanyakan, karena buka dari jam 9 malam hingga 4 pagi. Sepertinya Sego Sambel Mak Yeye cocok buatmu si kalong yang gemar melek malam tidur pagi. Makanan ini juga sering kali menjadi salah satu menu nasi kotak Surabaya yang biasa di tawarkan dengan paket catering.

Berlokasi di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 10, kamu tidak akan bisa terlewat dengan warungnya. Karena tiap malam di sepanjang jalan aka nada sepeda motor dan mobil yang parker hingga berjejeran. Untuk arahan lebih mudahnya, Sego Sambel Mak Yeye ada di sebelah utara Darmo Trade Center (DTC).

6. Tahu Campur Kalasan

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Makanan khas Lamongan ini juga populer di Surabaya. Sehingga tidak sulit bagimu untuk menemukan penjual tahu campur. Tapi untuk soal yang rasanya terjamin, Tahu Campur Kalasan jawabannya.

Nama Tahu Campur Kalasan sebenarnya Tahu Campur Bapak H. Abd. Mahfud. Namun lokasinya yang berada di Jl. Kalasan No. 22 Surabaya membuat banyak orang menyebutnya Tahu Campur Kalasan untuk mengingat lokasinya.

Meskipun tahu campur kuliner yang dikenal untuk makanan malam hari, Tahu Campur Kalasan buka dari siang. Yakni mulai pukul 11 siang hingga setengah 11 malam.

7. Sari Laut Kapasan

7 Tempat Makan di Surabaya Dengan Menu Khasnya

Kamu pecinta seafood? Di Surabaya juga ada! Seafood tidak selalu identik dengan restoran mewah. Yang enak tapi harga kaki lima juga ada yaitu di Sari Laut Kapasan. Selain harganya yang lumayan untuk ragam menu seafoodnya, Sari Laut Kapasan juga dulunya berlokasi di pinggir jalan, lho. Karena tidak dapat menampung pengunjung akhirnya berpindah tempat ke seberang jalan menjadi sebuah depot.

Yang disediakan tidak hanya seafood besar seperti kepiting. Tapi juga olahan seafood lain seperti kerang, udang, hingga ikan dorang. Depotnya berlokasi di Jl. Kapasan No. 27, Kapasan, Simokerto. Jam operasionalnya cukup lama sehingga cocok bagi kamu yang mencari tempat makan di Surabaya yang fleksibel, yaitu mulai pukul 11 siang hingga pukul 1 malam.

Tempat makan di Surabaya banyak sekali kan macamnya? Tentu daftar di atas belum semuanya. Kamu ingin datang ke mana dulu untuk makan hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *