Tips Agar Menu Makanan Pernikahan Terlihat Menarik dan Mewah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki suasana pernikahan dengan makanan yang mewah? Pastinya semua calon pengantin mendambakan hal tersebut. Namun, mungkinkah mewujudkan hal tersebut? Mungkin bagi yang memiliki budget lebih akan dengan mudah merealisasikannya. Namun, bagaimana dengan yang memiliki budget sederhana?

Tentu diperlukan beberapa teknik dan siasat agar bisa menghasilkan pernikahan dengan menu makanan mewah tersebut. Untuk itu, kali ini kita akan membahas bagaimana saja cara dan tips agar menu makanan pernikahan tetap terlihat mewah saat pesta sedang berlangsung.

Tips Agar Menu Makanan Pernikahan Terlihat Menarik dan Mewah

1. Pilihan Menu Pesta

Jika ingin terlihat dan memberikan kesan mahal, tentunya calon pengantin dan pihak catering wedding harus pandai-pandai dalam memilih jenis menu yang nantinya akan dihidangkan. Misalnya saja makanan yang terbuat dari olahan daging ataupun ikan. Walaupun demikian, daging termasuk bahan makanan yang harganya lumayan mahal. Jadi, cobalah menyiasati dengan menggunakan pilihan menu yang tetap menggunakan bahan tersebut hanya saja bukan menjadi bahan utamanya.

2. Cara Penyajian

Untuk masalah cara penyajian ini sendiri ada beberapa metode yang kerap digunakan oleh layanan catering wedding. Nah, metode penyajian makanan ini nantinya juga akan menambah kesan mewah hidangan yang disajikan. Namun, sebagai tuan rumah kita juga harus memperkirakan jenis menu yang dipilih sudah sangat sesuai atau tidak dengan metode penyajiannya tersebut. Untuk metode penyajian ini biasanya digunakan:

Penyajian Formal : untuk metode yang satu ini banyak digunakan oleh tuan rumah yang menggunakan gedung sebagai lokasi pesta mereka. Dimana para tamu akan menduduki tempat duduk mereka dan nantinya para petugas katering yang akan menjamukan makanan pesta tersebut. Biasanya para petugas penyaji makanan ini akan membawakan porsi hidangan sesuai dengan jumlah tamu yang datang. Dimana hidangan yang dibawakan sesuai dengan jenis yang tersedia. Yakni hidangan pembuka, menu utama serta hidangan penutup. Metode ini akan mengharuskan penjamu makanan untuk selalu memantau dan berkeliling untuk mengantarkan menu hidangan pesta. Namun, pastikan untuk menyesuaikan budget dengan jumlah menu yang nantinya akan dipesan.

Prasmanan : Ini merupakan metode penyajian yang biasanya digunakan untuk pesta yang lebih santai dan semi formal. Dimana kita akan menemukan meja makanan yang diatasnya berisikan kumpulan menu masakan pesta beserta minumannya. Walaupun menu terpampang dan bisa diambil sesuai selera, tetap akan ditunggui oleh beberapa pelayan yang nantinya akan membantu. Para pelayan ini nantinya akan menyatakan kepada tamu undangan apa jenis menu tersebut, isi masakannya dan mungkin akan menyarankan menu lainnya jika tamu tidak menyukainya. Untuk lebih mudah, maka usahakan letak menu pembuka ada di meja paling awal agar tamu bisa melihat dan mengetahui kumpulan menu apa saja yang disajikan.

Stan Makanan : ini merupakan metode penyajian makanan yang tidak jauh berbeda dengan metode prasmanan. Namun, biasanya setiap meja yang berisikan menu makanan akan terdapat beberapa menu dengan temanya masing-masing. Misalnya saja tamu akan mendapatkan menu seafood di salah satu meja stand dan jenis menu lainnya di meja berikutnya. Jadi, para tamu akan lebih leluasa untuk menentukan pilihan mereka dan bisa fokus menuju stan makanan kesukaannya.

Penyajian makanan ini juga harus dikolaborasikan dengan pekerjaan pekerja yang cekatan. Dimana piring, gelas, sendok, garpu maupun pisau harus tetap tersedia dengan jumlah tamu yang selalu datang silih berganti. Jadi, pastikan pekerja di catering wedding yang dipilih menawarkan pekerja-pekerja yang handal dan cekatan.

Pastikan terlebih dahulu metode mana yang akan digunakan. Bahkan, untuk lebih detail, kita bisa menanyakan langsung kepada pihak catering wedding agar bisa merekomendasikan pilihan metode penyajian yang lebih cocok. Hal ini akan mempermudah kita untuk menentukan beragam gambaran akan penyajian makanan tersebut nantinya.

3. Tampilan dan Rasa

Selain memilih menu dan cara penyajian, untuk bisa memberikan kesan mewah, tentunya kita harus bisa bekerja sama dengan pihak yang mampu memberikan rasa serta tampilan yang bagus. Dimana meja hidangan makanan yang terlihat belepotan akan menurunkan kesan “wah” tersebut nantinya. Sangat penting untuk mengusahakan tampilan menu pesta tetap terlihat indah dan menarik. Hal ini juga akan memicu selera makan para pengunjung pesta tersebut.

Berbeda dengan tampilan makanan yang biasa saja atau bahkan terkesan asal jadi saja. Namun, tidak hanya masalah tampilan yang diperlukan di sini. Pihak catering wedding harus mengusahakan tentang rasa makanan dan minuman yang mereka berikan. Karena rasa sama pentingnya dengan tampilan. Walaupun tampilannya terlihat sangat menggiurkan, namun rasanya biasa saja atau bahkan tidak enak, tentu akan merusak reputasi tuan rumah dan vendor tersebut.

Baca Juga : Perkiraan Harga Wedding Catering di Surabaya

Inilah salah satu alasan mengapa sangat disarankan untuk melakukan percobaan rasa dan mengetahui tampilan serta cara penyajian yang diberikan oleh pihak katering. Dimana hal ini bisa kita temukan langsung ditempat mereka atau ketika menjadi tamu undangan dipesta pengantin lainnya. telitilah sebelum melakukan pemilihan terhadap jasa yang akan digunakan pada pesta nantinya. Bahkan, vendor ternama pasti memiliki ulasan resmi dari para penggunanya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Catering Surabaya

AISYA CATERING SURABAYA : Jl. Kebonsari 3 No.28, Kebonsari, Jambangan, Kota Surabaya Jawa Timur 60233.
KONTAK : (031) 8281065, 08123 577 0707