8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Wisata Kuliner Surabaya – Saat berwisata ke kota orang, tentunya kamu juga ingin mencoba kuliner khasnya bukan? Bagaimana jika kamu berwisata ke Jawa Timur? Makanan apa yang ingin sekali kamu coba? Jawa Timur dikenal sebagai provinsi yang kuliner khasnya mempunyai cita rasa pedas yang tinggi dibandingkan provinsi di pulau Jawa yang lain. Dan kuliner tersebut punya versinya masing-masing di tiap-tiap kotanya. Akan tetapi sebagai ibu kota provinsi, kuliner tiap kota Jawa Timur bisa dibilang berkumpul di Surabaya. Oleh karenanya, kamu akan menemukan berbagai masakan khas kota Jawa Timur dalam daftar wisata kuliner Surabaya. Apa saja kah masakan-masakan itu?

Daftar Wisata Kuliner Surabaya

Sebagai salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang kuliner asli Surabaya, kami mengenail banyak hal tentang wisata kuliner yang ada di kota pahlawan ini. Nah di bawah ini sengaja kami bagikan daftar menu yang dapat kamu coba saat berkunjung ke kota Surabaya :

1. Nasi Pecel Semanggi

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Nasi pecel ada di semua kota di Jawa Timur. Tapi yang satu ini begitu khas Surabaya dan pasti masuk kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung di Surabaya yang direkomendasikan penduduk lokal maupun wisatawan.

Nasi pecel semanggi sama saja denga nasi pecel yang lain. Masih menggunakan bumbu kacang yang sama, perbedaan nasi pecel semanggi dengan nasi pecel biasa terletak pada daun semangginya.

Jika nasi pecel biasa menggunakan sayur-sayuran seperti kangkung dan kubis sebagai sayur utama, maka nasi pecel semanggi menggunakan daun semanggi sebagai sayur utamanya. Kuliner ini begitu khas, biasanya disajikan menggunakan daun pisang dan dibubuhi kerupuk uli.

Uniknya lagi, nasi pecel semanggi sedang diambang kepunahan saat ini. Karena dulunya penjual nasi pecel semanggi sangat mudah dijumpai di Surabaya, tidak seperti sekarang.

Penjualnya semakin lama semakin sedikit, sehingga kuliner khas Surabaya ini dipercaya akan menghilang seiring berlalunya waktu. Bahkan saking langkanya, nasi pecel semanggi sangat sulit ditemui sebagai salah satu menu yang ditawarkan oleh layanan Catering Surabaya maupun nasi kotak Suabaya!

Makanya, jangan sampai melewatkan nasi pecel semanggi dalam daftar wisata kuliner Surabaya saat berkunjung di ibu kota provinsi Jawa Timur ini! Kuliner ini sangat cocok digunakan sebagai menu sarapan pagimu. Jalan-jalan saja di Taman Bungkul, kamu akan menemukan penjual nasi pecel Semanggi yang biasa menjajakan masakannya menggunakan keranjang yang digendong oleh ibu-ibu.

2. Kupang Lontong

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Masakan satu ini berasal dari tetangga Surabaya, yakni kota Sidoarjo. Namun, seperti menu masakan khas kota Jawa Timur lainnya, kupang lontong juga dapat ditemukan di Surabaya.

Kupang sendiri adalah kerang berukuran kecil yang hidup di lumpur air asin. Direbus dan kemudian diramu dengan petis khas Sidoarjo–yakni pasta yang terbuat dari udang–dan rempah-rempah lain, kupang disajikan dengan lontong. Perpaduan kupang dan bumbu-bumbu tersebut menghasilkan cita rasa khas, yakni manis, asam, dan pedas.

Kupang lontong juga biasa dimakan bersama sate kerang. Daging kerang yang dibumbui dan kemudian dipanggang layaknya sate biasa. Terdapat pula lauk sampingan lain yang juga khas, yakni lento yang terbuat dari parutan singkong hingga campuran kacang.

Bisa dibilang menu yang satu ini tidak untuk semua orang, namun cukup banyak yang menggemari kuliner khas Sidoarjo ini. Sehingga penjual kupang lontong termasuk mudah ditemukan di Surabaya. Merasa tertantang mencoba kupang lontong? Pastikan kupang lontong masuk dalam daftar wisata kuliner Surabaya yang telah kamu susun!

3. Lontong Balap

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Kembali ke menu yang khas Surabaya, lontong balap! Konon penjual lontong balap dulunya menjajakan jualannya dengan dipikul. Lantaran berat, penjualnya pun berjalan dengan cepat, layaknya mereka sedang balapan (berlomba).

Lontong balap sendiri merupakan kuliner yang terdiri dari lontong, tahu goreng, lento, bawang goreng, dan sayur tagoe. Seperti kupang lontong, lontong balap juga biasa dinikmati bersama sate kerang sebagai lauk pelengkapnya.

Sekedar info, lontong balap sudah ada di Surabaya sejak 1950an. Menu kuliner yang sudah sepuh kan. Jangan lewatkan jadi salah satu menu wajib daftar wisata kuliner Surabaya kamu ya!

4. Tahu Campur

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Masih menu yang berkuah, ada lagi saudara lontong balap. Yakni tahu campur. Namun berbeda dengan kupang lontong dan lontong balap, tahu campur disajikan tanpa lontong. Tahu campur terdiri dari daging sapi beserta lemaknya, perkedel singkong, tahu goreng, dan selada. Meski tanpa lontong, tahu campur punya persamaan lain dengan kupang lontong, yakni penggunaan petis.

Sayangnya, tahu campur sebenarnya bukan kuliner asli dari Surabaya. Usut punya usut, menu kuliner satu ini berasal dari Lamongan. Persamaan lidah orang Jawa Timur yang kemudian membuat tahu campur juga begitu mudah ditemui di Surabaya. Banyak yang suka dengan rasa khasnya.

5. Bebek Goreng Purnama

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Melewati jalan-jalan Surabaya pada sore hingga malam hari, kamu akan menjumpai banyak warung bebek goreng kaki lima yang bertuliskan Bebek Goreng Purnama. Yang terbersit di batin kamu pasti betapa banyak cabang Bebek Goreng Purnama ini. Tapi nyatanya, Bebek Goreng Purnama yang asli hanya ada satu!

Mengapa begitu banyak yang memakai nama Purnama? Karena Bebek Goreng Purnama sendiri terkenal dengan masakannya yang begitu khas, sehingga tidak dapat ditemukan di warung kaki lima yang lain.

Menurut pelanggan favorit Bebek Goreng Purnama, yang membuat bebek gorengnya begitu khas adalah taburan serundeng. Serundeng sendiri adalah parutan kelapa yang disangrai, kemudian dimasak dengan bumbu khas Purnama. Serundeng tidak dapat ditemukan di warung lain, karena mereka biasa menggunakan taburan kremesan.

Berminat mencoba Bebek Goreng Purnama yang begitu terkenal cita rasanya sampai-sampai namanya digunakan oleh ratusan penjual bebek di Surabaya hingga luar kota? Kamu tinggal mampir saja di depan bekas bioskop Purnama, yang berlookasi di jalan raya Dinoyo.

6. Nasi Goreng Jancuk

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Diberi nama umpatan khas Surabaya, Nasi Goreng Jancuk dijamin bisa membuat kamu mengumpat karena rasanya yang begitu pedas! Penyajianya juga unik, karena satu porsi dimasak untuk banyak orang sekaligus. Sehingga menu kuliner satu ini cocok dinikmati bersama teman atau keluarga saat berwisata ke Surabaya.

Di dalamnya tidak dibubuhi lauk pada umumnya. Karena Nasi Goreng Jancuk dimasak dengan irisan ayam, telur, potongan udang, hingga daging kepiting! Tertantang dengan pedasnya? Nasi Goreng Jancuk wajib masuk dalam daftar wisata kuliner Surabaya milikmu!

7. Rawon Setan

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Meski namanya cukup menakutkan, nyatanya menu kuliner yang satu ini terkenal karena disajikan dengan irisan daging yang besar! Jadi bukan karena menjanjikan rasa yang pedasnya luar biasa, meski hidangan rawon pedas juga tentu dapat ditemukan di Rawon Setan.

Terletak di tengah kota, Rawon Setan tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan banyak artis hingga public figure yang pernah mampir untuk menikmati hidangan ala Rawon Setan. Penasaran juga bagaimana rasanya?

8. Zangrandi Ice Cream

8 Wisata Kuliner Surabaya yang Patut Kamu Coba

Telah kenyang dengan kuliner-kuliner di atas, kini giliran mencicipi yang menyegarkan. Apa lagi kalau bukan es krim? Sesuai untuk dinimati di tengah terik kota Surabaya yang panasnya begitu menyengat. Bicara soal es krim di Surabaya, tentu yang wajib dicoba adalah Zangrandi. Kedai es krim ini begitu melegenda, karena telah ada di Surabaya sejak tahun 1933.

Sampai sekarang, Zangrandi terus mempertahankan menu es krimnya yang klasik. Bahkan suasana kedainya pun sama seperti tahun-tahun lampau. Vintage dan sarat akan memori. Kamu bisa langsung menuju ke lokasinya di Jl. Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng.

Sudah siap dengan daftar wisata kuliner Surabaya milikmu? Menu kuliner mana yang kamu prioritaskan untuk dicicipi? Demikian yang dapat kami bagikan tentang wisata kuliner yang patu kamu coba saat berkunjung ke Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *